Tak Bisa Berenang, Jasad Seorang Santri Hanyut di Sungai Ditemukan

tak bisa berenang

TOPMETRO.NEWS – Diduga tak bisa berenang, tim SAR gabungan berhasil menemukan jasad santri laki-laki yang hanyut di Sungai Cibeber, Cicurug, pada Jumat (14/8/2020). Jenazah Muhamad Akbar ditemukan di Sungai Ciangsana, Leuwi Ronggeng, perbatasan Kecamatan Cikembar dan Desa Tenjojaya, Kecamatan Cibadak, Jumat sore.

Tak Bisa Berenang, Ditemukan saat Sungai Surut

“Posisi jenazah ada di tengah, tersangkut, tengkurap di batu. Kebetulan saat itu kondisi sungai sedang surut,” kata anggota tim SAR gabungan, Haruman, Sabtu (15/8/2020).

“Pertama kali ditemukan warga. Setelah laporan masuk, saya langsung ke lokasi,” tambahnya.

Korban Langsung Dievakuasi

Setelah ditemukan jenazah santri itu langsung dievakuasi ke RSUD Sekarwangi.

“Kabarnya sudah teridentifikasi identitas jenazah tersebut adalah korban hanyut di Sungai Cibeber Cicurug,” tandasnya.

Sementara itu, Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kabupaten Sukabumi, Anita Mulyani menyebut jenazah laki-laki itu adalah Muhamad Akbar, santri yang hanyut di Sungai Cibeber, Cicurug.

Faber Sinaga, Kepala Pos Basarnas Sukabumi memastikan jenazah itu santri yang hanyut di Sungai Cibeber berdasarkan pakaian yang dikenakan.

“Bajunya hitam. Kami juga sudah konfirmasi ke empat saksi yang merupakan teman korban dan mereka membenarkan,” tandasnya.

Tali Kabel Putus, Terseret Arus

Sekadar diketahui, Muhammad Akbar, salah seorang santri Pondok Pesantren Al Amin Cicurug, Sukabumi, hanyut terbawa arus sungai Cibeber, Selasa (11/8/2020).

Menurut warga setempat, Habil peristiwa itu terjadi sekitar pukul 17.00 WIB.

Saat itu, kondisi sedang hujan deras. Arus sungai juga tampak deras.

“Santri itu bermain di air sambil berpegangan tali kabel. Tali kabelnya putus, dia langsung terbawa arus. Sementara kondisi sungai arusnya sedang deras,” kata Habil.

Beberapa warga menyatakan santri kelas IX MTs Al Amin Cicurug itu tidak bisa berenang.

BACA SELENGKAPNYA | Lau Tuntungan Diterjang Banjir Bandang, 9 Warga Hanyut, 1 Hilang

Seperti diwartakan TOPMETRO.NEWS sebelumnya, diterjang banjir bandang akibat hujan deras yang melanda kawasan Deli Serdang, Minggu (26/7/2020) mengakibatkan banjir bandang di Sungai Lau Tuntungan di Desa Kutalimbaru, Kutalimbaru, Deli Serdang. Akibat bah yang menerjang, 9 orang yang sedang mandi di sana dilaporkan hanyut terseret arus.

“Petugas siaga komunikasi dan radio menerima informasi kejadian itu dari kades setempat sekitar pukul 16.50 Wib. Kemudian tim rescuer kita langsung meluncur ke lokasi,” Kepala Kantor SAR Medan, Senin (27/7/2020).

Lanjut petugas, tim SAR Gabungan dan warga berhasil mengevakuasi 8 orang dalam keadaan selamat. “Tetapi 1 orang lagi masih dalam pencarian,” ucapnya.

reporter | Dpsilalahi
sumber/foto | suara/sukabumiupdate

Related posts

Leave a Comment